'/>

Sabtu, 26 Februari 2011

Belajar Kimia dengan Chemical Excelets

Salah satu syarat belajar kimia adalah memahami konsep matematika atau berhitung dengan baik. Namun itu bukanlah “nyawa” pelajaran kimia. Jadi matematika bukanlah segala-galanya untuk bisa memahami kimia dengan baik. Kadang justru siswa SMA sering dipusingkan dengan hitungan dalam kimia, siswa fokus ke hal itu dan akibatnya mereka lupa konsep kimia yang seharusnya ia pahami. Matematika dalam pelajaran kimia hanyalah sebagai alat.  Tetapi penggunaan alat dengan benar tetap akan menentukan hasil akhir dalam belajar kimia.
Saya baru saja ingat bahwa ada “aplikasi kecil” yang dibuat dengan Excel yang dan dapat kita manfaatkan untuk belajar kimia. Ada pengembang yang telah membuat “alat” untuk memberikan kemudahan agar kita tidak disibukkan dalam hal hitungan matematis dalam kimia. Salah satunya adalah Chemical Excelets, yang lain akan saya bahas di lain waktu. Excelets sendiri merupakan simulasi pemodelan matematika yang mengunakan aplikasi spreadsheet excel (bisa juga diterapkan untuk openoffice.org). Jadi Chemical Excelets adalah excelets yang dibuat untuk perhitungan matematis untuk kimia (dalam hal ini adalah kimia umum) untuk kimia yang lebih spesfik kita bisa menelusuri pranala yang diberikan pada web yang memberikan Chemical Excelet itu.

Salah satu aplikasi Chemical Excelets
Untuk bisa menggunakan Chemical Excelets pada komputer yang kita pakai harus terinstall aplikasi spreadsheet (misalnya microsoft office excel dan openoffice spreadsheet). Selanjutkan kita tinggal membuka file yang khusus digunakan untuk perhitungan kimia tertentu.
Di web Chemical Excelets tersedia banyak sekali file-file dengan format *.XLS untuk bisa digunakan dalam membantu perhitungan kimia tepatnya kimia umum, boleh juga digunakan untuk pembelajaran kimia SMA. Menurut saya aplikasi yang tersedia lebih dari cukup kalau untuk digunakan di SMA. Guru bisa melakukan modifikasi soal bahasa sehingga siswa bisa memanfaatkannya.
Meskipun Chemical Excel sangat membantu dalam pembelajaran tapi tetap harus diingatkan bahwa pengguna juga harus paham dalam konsep berhitung pada pokok bahasan di kimia. Ini semacam penggunaan kalkulator, siswa harus tahu lebih dulu konsep berhitung baru boleh menggunakan kalkulator untuk memperlancar pembelajaran materi berikutnya.
Pada Chemical Excelets tersebut setiap “kalkulator”nya sudah disediakan hand out yang bisa memandu kita bagaimana menggunakan alat tersebut secara benar dan efektif.
Saya sudah download semua file Chemical Excelets tersebut dan membundelnya dalam satu folder sebesar 20-an MB, dan setelah di saya kompres menjadi kurang lebih hanya 3,40 MB saja. Kalau tertarik anda boleh mengunjungi web ini untuk mendownlaod Chemical Excelets dan mendownloadnya satu persatu sesuai kebutuhan. Kalau mau langsung dapat satu paket keseluruhan saya bisa kirim ke email anda, syaratnya tinggalkan alamat email anda atau tulis komentar dibagian bawah tulisan ini. Atau kalau masih aktif silahkan unduh dari link Ziddu Download Chemical Excelets. Gratis.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar