'/>

Rabu, 29 Februari 2012

Beberapa Keunikan dan Misteri Otak Manusia yang Belum Terpecahkan

Brain_animated_color_nevit
Gambar bentuk animasi dari otak manusia

Jangankan alam sekitar, diri sendiri kita pun masih banyak menyimpan tanda tanya. Otak manusia bisa disamakan dengan prosesor komputer. Bedanya, kinerja prosesor dapat diuraikan secara logika, sedangkan otak kita tidak.
Dari berbagai macam riset yang telah dilakukan oleh manusia selama ribuan tahun mulai terungkap beberapa sisi misterius otak manusia. Walaupun demikian, ada beberapa yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah.
Ada beberapa fakta penting ditemukan yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan oleh manusia. Otak adalah salah satu organ yang paling menakjubkan di dalam tubuh manusia, karena ia dapat mengendalikan sistem saraf pusat agar bisa bekerja secara normal.
Otak manusia sangatlah kompleks dan terdiri sekitar 100 miliar saraf (neuron) dan ada begitu banyak hal terjadi di dalam otak dengan berbagai bidang yang berbeda. Karenanya otak termasuk salah satu organ vital dalam kehidupan manusia. Berikut beberapa keunikan dan dapat pula dikatakan misteri dari otak manusia.

12. Otak manusia berwarna abu-abu
Beberapa bagian dari tubuh memiliki warna tersendiri untuk darah, jaringan, tulang atau cairan lain. Tapi jika otak manusia diawetkan dalam stoples, meskipun masih berdenyut kebanyakan berwarna abu-abu, karena itu seluruh otak kadang disebut sebaagi materi abu-abu.
Namun, otak juga tetap mengandung materi putih yang terdiri dari serat saraf untuk menghubungkan materi abu-abu. Sedangkan komponen yang berwarna hitam disebut dengan substantia nigra, yang merupakan neuromelanin hitam, yaitu pigmen khusus yang sama dengan warna kulit dan rambut dan merupakan batas dari bagian basal ganglia.

2. Kesadaran
Saat bangun di pagi hari, kita tersadar dari tidur. Menikmati sinar matahari dari celah jendela, udara pagi nan sejuk, dan seterusnya. Kita menyebutnya sebagai kesadaran. Bidang ini memicu topik majemuk yang dibahas ilmuwan sejak zaman dulu. Pakar neurologi mutakhir menjabarkan kesadaran sebagai suatu topik riset realistis.

3. Hidup Membeku
Hidup abadi memang hanya ada dalam khayalan manusia. Namun ilmuwan telah menemukan cryonic, temuan yang mampu membuat manusia memiliki dua kehidupan.
Salah satu pusat cryonic adalah Alcor Life Extension Foundation, di Arizona, yang menyimpan tubuh mahluk hidup dalam tabung berisi nitrogen cair dengan suhu minus 320 fahrenheit.
Idenya adalah manusia yang sudah meninggal akibat penyakit akan dicairkan dan dihidupkan kembali di masa mendatang saat penyakit itu sudah bisa disembuhkan.
Jenazah Ted Williams, pemain baseball kenamaan disimpan di sini. Karena teknologinya belum ditemukan, maka penghidupan kembali belum dilakukan. Namun tubuhnya sudah “dilelehkan” dengan suhu yang tepat sehingga sel-selnya membeku dan memecah.

4. Misteri Kematian
Bagaimana manusia menjadi tua? manusia terlahir dengan mekanisme tubuh yang mampu bertahan dari penyakit. Itu sebabnya luka bisa sembuh sendiri tanpa diobati. Tapi seiring dengan bertambah usia, mekanisme itu menurun.
Kenapa bisa begitu? Ada dua teori penjelasannya. Pertama, penuaan adalah bagian dari genetika manusia. Kedua, penuaan adalah hasil dari sel-sel tubuh yang rusak.
Berdasarkan pengamatan beberapa kisah diketahui, bahwa otak manusia masih bisa tetap aktif selama beberapa detik setelah kepalanya dipenggal. Namun, para dokter percaya bahwa hal tersebut merupakan refleksi kedutan otot.
Dr Harold Hillman, mantan direktur Unity Laboratory of Applied Neural Biology di University of Surrey menuturkan bahwa kematian terjadi, karena adanya pemisahan antara otak dengan sumsum tulang belakang, tapi hal ini bersifat menyakitkan sehingga banyak negara yang tidak memberlakukan metode ini.

5. Alam VS Asuhan
Perdebatan tentang pikiran dan kepribadian manusia masih berkutat antara dua hal di atas. Kepribadian dan pemikiran manusia dikatakan dikontrol oleh gen atau lingkungan? atau bisa jadi keduanya? Masih belum ada kesepakatan di kalangan ilmuwan tentang hal ini.

6. Tertawa dan Hal-hal Pemicu Otak
Tertawa adalah hal yang paling sedikit dipahami dari perilaku manusia. Para ilmuwan menemukan bahwa selama tertawa, ada tiga bagian otak yang terlibat. Pertama, bagian yang berpikir sebelum kita memahami suatu gurauan. Kedua, area yang bergerak untuk memberitahu otot kita untuk melakukan sesuatu. Lalu sebuah area emosional yang menggugah perasaan geli.
Perintis peneliti humor John Morryer mendapati fakta bahwa suara tawa adalah sebuah reaksi yang sangat menarik terhadap cerita yang menyalahi kebiasaan. Dan pengertian lainya menganggap tawa sebagai sebuah saluran yang mengirimkan informasi “menarik (lucu)” kepada orang lain. Dengan demikian tampak jelas : tertawa membuat perasaan kita lebih baik.

7. Daya Ingat
Beberapa pengalaman sulit dilupakan, sebaliknya kita justru kerap melupakan hal-hal penting. Bagaimana itu bisa terjadi? menggunakan teknik pencitraan otak, ilmuwan menemukan adanya mekanisme yang bertanggungjawab pada penciptaan dan penyimpanan memori.
Mereka menemukan hippocampus dan materi abu-abu otak yang berperan sebagai kotak memori. Tapi mengapa ada memori yang mudah diingat dan dilupakan, masih tetap jadi misteri.

8. jam Biologis
Otak juga memiliki nukleus suprachiasmatic nucleus alias jam biologi. Bagian ini memprogram tubuh untuk mengikuti irama waktu 24 jam. Jam biologi juga menyesuaikan suhu tubuh, siklus bangun tidur, juga produksi hormon melatonin. Perdebatan terakhir adalah apakah suplemen melatonin mampu mencegah jet lag?

9. Perasaan Dihantui atau Halusinasi
Diperkirakan 80 persen dari sensasi pengalaman termasuk gatal, tertekan,tersiksa, stres, keinginan, kehangatan, nyaman dan rasa sakit datang dari bagian tubuh yang hilang. Ada orang yang mengalami adanya organ tubuh mereka yang tidak nampak tapi bisa merasakan.
Sebuah penjelasan berpendapat, daerah saraf yang terpotong membentuk hubungan yang baru dengan sumsum tulang belakang, dimana anggota tubuh yang kurang seolah-olah masih ada, terus mengirim sinyal ke otak besar.
Kemungkinan lainnya, otak besar adalah sebuah “kawat” transmisi, dia mengendalikan tubuh yang cacat bagaikan memperlakukan tubuh yang sempurna tanpa cacat. Ini berarti otak besar tetap menyimpan kendali ketika anggota tubuh masih dalam keadaan utuh dan sempurna.

10. Tidur
Mengapa manusia butuh tidur? Ilmuwan paham bahwa semua mamalia butuh tidur cukup. Tidak cukup tidur berkepanjangan akan menimbulkan halunisasi bahkan kematian.
Ada dua tingkatan dalam tidur, yakni tidur yang “non-rapid eye movement (NREM)” atau “masa tidur penuh”. Pada massa NREM aktivitas bola mata dan aktivitas metabolisme otak melambat.
Lalu tidur tingkat “rapid eye movement (REM)” atau “masa tidur sebentar”, saat otak masih cukup aktif. Walaupun masa tidur sebentar otak masih cukup aktif tetapi pada masa tersebut manusia sudah dapat bermimpi.

11. Mimpi
Jika kita menanyakan soal yang sama pada 10 orang, apa yang menyebabkan kita bermimpi? Mungkin kita akan memperoleh 10 jawaban yang tidak sama. Karena hal inilah mimpi dikatakan sebagai misteri yang belum bisa dipecahkan ilmuwan saat ini.
Teori pertama bahwa melalui rangsangan saraf informasi antar molekul otak besar menjalankan latihan terhadap otak besar selama mimpi berlangsung.
Teori lainnya adalah orang-orang bermimpi akan tugas dan perasaan yang tidak sempat diperhatikan lagi, dalam proses demikian bisa membantu kita memperkuat ingatan dan pikiran. Umumnya, ilmuwan setuju dengan pengertian bahwa “mimpi bisa terjadi saat tidur sebentar”.

12. Otak manusia merupakan otak yang paling besar
Beberapa binatang bisa menggunakan otaknya untuk melakukan berbagai hal seperti yang dilakukan oleh manusia. Tapi, sebenarnya otak manusia berukuran paling besar dibandingkan dengan otak binatang manapun.
Rata-rata berat otak manusia dewasa sebesar 1,361 kilogram, berat ini hampir sama dengan otak binatang lumba-lumba yang dianggap sebagai hewan yang cerdas. Namun, berat dari otak lumba-lumba lebih kecil dibandingkan dengan ukuran tubuhnya, sehingga otak manusia tetap saja menjadi yang paling besar.
Selain itu, kecerdasan juga berkaitan dengan berbagai komponen di otak, dan mamalia memiliki korteks serebral terbesar yang bertanggung jawab terhadap fungsi memori, komunikasi, dan berpikir.

13. Ditemukan Otak tertua di dunia
Jaringan otak tertua di dunia yakni sekitar 2.500 tahun ditemukan di sekitar kawasan University of York, Heslington, Inggris. Hal ini tentu sangat mengagumkam, sebab jaringan otak hanya selama beberapa tahun telah membusuk, namun jaringan otak tersebut mampu bertahan lama padahal tempat ditemukan berlumpur. 

 
14. Otak Bayi memproses kata layaknya orang dewasa
Hasil riset mengindikasikan, meski belum bisa berbicara, bayi berusia setahun sudah mampu memahami kata-kata yang didengarnya dan menggunakan struktur otak yang sama seperti halnya pada otak orang dewasa.

15. Cara Menggunakan Otak Laki-Laki dan Perempuan Berbada

      Laki-Laki :
  • Berkonsentrasi pada satu hal. Caontoh : Berbicara dengan laki-laki yang lagi nonton bola (apalagi tendangan pinalti) yakinlah anda berbicara sendiri.
  • Pandai dalam bidang matematika dan logika.
  • Dalam ilmu kimia, laki-laki tidak membayangkan struktur molekul (terutama konformasi molekul).
  • Pada laki-laki otak cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik. Tak heran jika laki-laki suka sekali mengutak-atik kendaraan.
  • Membedakan dengan jelas peran otak kanan dan kiri.
  • Kemampuan berpikirnya berkembang dan pemahaman terhadap jalan dan arah sangat tajam.
  • Saat Mencari Jalan Laki laki : pikiran berkembang, mencari jalan dengan mengikuti pemahaman akan arah. Contoh : di samping toko roti, di sebelah kiri restoran masakan cina.
  • Pelupa.
  • Gampang marah.
  • Lelaki lebih tahan rasa sakit dan stres dibanding wanita.
  • Lelaki pantang menangis. Perempuan adalah makhluk yang sangat perasa, sehingga tidak sedikit yang bertanya-tanya dan merasa heran dengan sikap pasangan yang tertutup tentang perasaannya. Hal ini barangkali disebabkan karena sejak kecil lelaki diajarkan untuk tidak mengumbar perasaannya. Akan tetapi, hal itu juga disebabkan oleh perbedaan otak lelaki dan perempuan. Amygdala adalah bagian otak yang mengontrol respon emosi manusia. Pada lelaki, amygdala hanya berkomunikasi dengan sedikit bagian otak, seperti visual cortex dan bagian otak yang bertanggung jawab atas gerakan otot. Sementara itu, amygdala pada perempuan lebih terhubung dengan bagian otak yang mengontrol bahasa. Mungkin itu sebabnya perempuan lebih terbuka membicarakan perasaannya.
  • Lelaki tidak seempati perempuan. Pada umumnya, lelaki membaca lebih sedikit kisah fiksi daripada perempuan. Selain itu, mereka juga tidak terlalu menggilai sinetron dibandingkan perempuan. Hal ini barangkali disebabkan lelaki memiliki kadar empati yang lebih rendah dibandingkan perempuan. Tanpa empati atau kemampuan menempatkan diri dalam posisi orang lain, lelaki kesulitan menyelam ke dalam karakter fiksi. Psikolog Simon Baron-Cohen mendeskripsikan otak lelaki sebagai sesuatu yang terpasang untuk sistemasi. Ketika memandang seseorang, lelaki cenderung melihat individu itu sebagai sebongkah mesin yang diatur oleh hukum pasti, dan tidak peduli dengan apa yang dirasakannya.
      Perempuan :
  • Bisa melakukan banyak hal dalam waktu yang sama. Contoh : berbicara dengan wanita yang sedang memasak yakinlah bahwa anda tidak dicuekin.
  • Pandai membayangkan konformasi molekul, karena sebagian besar wanita hebat dalam hal menghayal.
  • Pandai mengekspresikan pikiran dengan kalimat menggunakan banyak kosakata. Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara laki-laki hanya 7.000 kata
  • Struktur hubungan otak mudah bekerjasama, sehingga pada saat berpikir otak kanan dan kiri semuanya bekerja.
  • Pandai memahami arti dan motif di belakang tindakan dan intuisinya tajam.
  • Saat Mencari Jalan Perempuan : pandai mengingat kosakata, mencari jalan dengan mengingat papan nama. Contoh : diantara restoran bernama ‘Tinghoa’ dan toko rotinya ‘Bakery.’
  • Sangat mendetail dalam mengingat sesuatu. Hal ini disebabkan pusat memori (hippocampus) pada otak perempuan lebih besar ketimbang pada otak laki-laki.
  • Sabar. Hal ini disebabkan otak perempuan lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya bersikap tenang. Tak aneh jika wanita lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik, sedangkan laki-laki lebih cepat naik pitam. Selain itu, otak perempuan juga memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Dua hal ini mempengaruhi kecenderungan biologis otak laki-laki untuk tidak bertindak lebih dahulu ketimbang bicara. Ini berbeda dengan perempuan.
  • Mengasuh anak bisa membuat perempuan tenang. Menyusui bisa menghilangkan stres. Jurnal of Neuroscience pada 2005 menyatakan efek menyusui pada ibu bisa lebih menenangkan ketimbang penggunaan kokain. “Pada masa ini perempuan ingin semuanya teratur, termasuk suaminya,”
  • Perempuan selalu ingin direspon saat konflik Meski tidak suka konflik, perempuan lebih marah jika tidak diabaikan saat konflik. Hal ini disebabkan mereka lebih sensitif ketimbang laki-laki. “Buat perempuan, respons negatif lebih baik ketimbang tidak ada respon sama sekali,”
  • Bisa “Membaca Pikiran” Bukan sulap bukan sihir, ini kemampuan biologis yang didapat perempuan karena turun temurun berperan dalam mengasuh anak. Secara biologis, kaum hawa mampu lebih baik membaca petunjuk nonverbal seperti ekspresi wajah, postur, dan nada suara ketimbang laki-laki.
  • Peremouan emank bikin bingung : Bila kesalahannya diingatkankan, mukanya merah.. bila diajari mukanya merah,… bila disanjung mukanya merah, jika marah mukanya merah. Kok sama semua!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar