'/>

Rabu, 29 Februari 2012

Jangan Takut, Kimia Itu Mengasikan

Kata kimia identik dengan hal-hal yang sangat sulit. Itulah persepsi dari beberapa orang.  Bagi beberapa orang lagi terutama para pelajar SMA, mata pelajaran kimia adalah mata pelajaran yang sangat berat. Oleh sebab itu, lulus mata pelajaran kimia adalah suatu mujizat, itulah kata beberapa orang yang pernah saya dengar. Ketika mendengar hal ini saya sendiri tidak terkejut karena kimia memang sulit. Namun setelah beberapa saat muncul beberapa pertanyaan yakni sebagai berikut.
1. Benarkah kimia itu sangat sulit?
2. Apakah dalam dunia pendidikan hanya kimia yang sulit atau yang mata pelajaran atau mata kuliah yang lain tidak kalah sulitnya dibanding kimia?
Ternyata kimia tidak sesulit yang dibayangkan jika dilihat lebih jauh, karena kimia adalah mata pelajaran yang sangat mengasikan yang sangat enak untuk dipelajari, walaupun tidak bisa dirasakan dengan lidah. Dengan belajar kimia seseorang bisa memahami secara benar apa yang sebenarnya terjadi di Bumi kita ini. dengan mengetahui hal ini kita dapat mengontrol kemudian mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.
Bagi pelajar tingkat SMA atau SMK kimia dirasakan sulit bahkan sangat sulit karena disebabkan dasar-dasar kimia yang kimia yang lemah. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yakni faktor siswa dan faktor guru.
Siswa dari awal sudah takut atau ditakut-takuti pelajaran kimia, sehingga dari awal sudah tidak ada kemauan untuk belajar kimia. Selain itu disebabkan juga karena siswa tidak belajar karena keterbatasan waktu walaupun sebenarnya siswa tersebut sangat ingin belajar.
Dari faktor guru, penyampaian pelajaran kimia tidak begitu mendetail terutama yang dasar-dasar sehingga membingungkan siswa pada topik kimia yang selanjutnya. Mengapa demikian?, hal ini mungkin saja disebabkan kurangnya buku sumber pegangan guru. Oleh sebab itu, seorang guru harus memiliki beberapa buku pegangan satu buku saja tentu masih sangat kurang. satu hal yang perlu diingat bahwa untuk mengajar siswa SMA, buku pegangan seorang guru jangan hanya buku kimia untuk SMA karena buku-buku tersebut menurut saya masih sangat kurang, walaupun bagi para siswa buku tersebut adalah yang terbaik. Seorang guru harus memegang beberapa buku kimia dasar untuk universitas. Kini banyak buku dalam bahasa Inggris yang dapat didownload secara gratis. Jika tidak bisa bahasa Inggris, jangan kawatir karena sudah banyak buku kimia untuk universitas telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia.
Hal yang perlu diperhatikan seorang guru kimia adalah ketika menyampaikan materi jangan hanya asal-asalan tetapi diperhatikan dengan cermat kebenaran dan kerunutannya. Karena guru kimia tentu tahu bahwa dalam topik yang satu dengan topik yang lain yang saling berkaitan. Dalam memberi pelajaran jangan hanya untuk menyelesaikan atau mengejar standar yang ditetapkan kurikulum, tetapi diperhatikan agar siswa memahami dengan benar apa yang dipelajari sebelum dilanjutkan pada topik berikutnya.
Singkatnya agar siswa mencintai kimia, Jadikan mata pelajaran kimia menjadi mata pelajaran yang menarik, tidak menakut-nakuti siswa dengan kata “sulit”. Karena menurut saya tidak hanya mata pelajaran kimia yang sulit tetapi semua mata pelajaran sama sulitnya, namun jika kita berusaha maka semuanya pasti dapat diselesaikan. Namun perlu diingat bahwa “jangan memaksakan diri untuk kulia jurusan kimia jika itu hanya karena terpaksa, masih banyak jurusan lain yang tidak kalah penting dengan kimia dan sangat menarik untuk dipelajari”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar