'/>

Thursday, March 3, 2011

Chemistry Add-In for Word Versi 1.0 (Aplikasi Kimia dalam Word)

Sekedar informasi bagi yang memerlukan.
Satu lagi, sejak 1 Februari 2011 lalu telah di-realese sebuah add-in untuk microsoft word, Chemistry Add-in Word. Sebagai penyempurnaan dari versi sebelumnya (Chemistry Add-in for Word Beta version). Banyak penyertaan di sana-sini yang tentu saja membuatnya semakin powerfull. 
Chemistry Add-in untuk Word ini merupakan aplikasi yang ditambahkan ke aplikasi olah kata Word yang memudahkan penggunanya dalam hal mengetik dan menyisipkan rumus struktur senyawa kimia, serta berbagai informasi kimia lain kedalam dokumen yang dibuat dengan word. Jadi sangat tepat jika orang yang berkecimpung dalam bidang kimia atau bidang terapannya. Ini memang merupakan alternatif bukan cara satu-satunya. Perbedaannya dengan aplikasi lain adalah soal ke-integrasiannya dengan word. Semua dilakukan secara terintegrasi, mulai dengan pencarian nama senyawa, pengeditan struktur dua dimensi (2D) dan lain-lain.
Untuk menginstall Chemistry Add-in for Word ini silahkan double klik file Chem4WordSetup.exe kemudian ikuti instruksinya hingga selesai (tidak banyak langkah, kurang lebih 3 kali klik saja). Manual atau cara menggunakannya bisa diakses dari menu help. Jadi tidak perlu mengunduh manualnya secara terpisah. Tapi kalau mau mengunduhnya jangan kwatir sudah disediakan oleh pengembangnya.
Berbagai fitur yang terdapat dalam Chemistry Add-in for Word ini bisa kita simak dalam manual tersebut. Yang paling menyolok dalam versi 1 ini adalah dalam hal editing strukutur, kita bisa memutar, mengganti gugus fungsi tertentu, bahkan mengubah sudut ikatan pada struktur tersebut. Termasuk menambah atau menggantikan muatan dengan smart bisa dilakukan dalam word itu sendiri.
Pada saat melakukan pengeditan kalau memerlukan referensi tabel periodik kita bisa mengaksesnya dari Menu Atom -> Change Atom Type -> More, setelah itu maka akan dimunculkan pop-up tabel periodik untuk kita pilih dengan menge-klik unsur yang kita maui.
Selamat menjelajah kemampuan add-in kimia ini di word. 

No comments:

Post a Comment