'/>

Wednesday, March 2, 2011

Menulis Rumus Kimia Praktis di Excel dengan Stoichiometry Add-ins

Banyak alternatif yang dapat kita gunakan dalam menulis rumus kimia dengan mudah atau praktis apalagi di aplikasi pengolah kata seperti microsoft word, openoffice writer atau yang lainnya. Bagaimana dengan penulisan rumus kimia pada aplikasi spreadsheet semacam microsoft excel? Jawabannya yah sama, dapat juga kita lakukan dengan mudah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan add-ins yang tersedia gratis. Wah kalau sudah mendengar gratis gitu pasti semangat, semangat untuk mencoba. Sekedar mencoba. Ok boleh silahkan coba.
Begitu dengan saya, saya mendapatkan pranala untuk mengunduhnya lalu mencobanya, hasilnya loh kok gak langsung bisa dipakai? Mulai kecewa, tapi belum sampai ngambek untuk berhenti mencoba, apalagi begitu tampilan saat install diminta mengisikan serial numbernya padahal kita gak punya. Katanya gratis?! Jangan kuatir lanjutkan saja!
Kebetulan saya menggunakan microsoft word versi 2010. Jadi sedikit beda dari saran penggunaannya yang hanya untuk m. word 2003 dan 2007. Tapi akhirnya bisa juga menikmati add-ins ini, anda juga bisa mencoba cara saya :)
  • Jalankan file stoichiometry.exe dan ikuti langkah yang sajikan (ups jangan lupa non aktifkan antivirus sebentar aja)
  • Kalau diminta memasuk serial number isikan sembarang terus tutup saja (sebenarnya tak usah ada kok di minta sih)
  • Setelah selesai coba buka tab menu Add-Ins jika sudah muncul seperti di bawah ini berarti berhasil.

Sayangnya saya belum berhasil untuk membuat permanen agar add-ins tersebut ada di menu Add-ins microsoft Word 2003. Nanti kalau berhasil akan saya lakukan editing di tulisan di sini.
Tentang manualnya lebih detail silahkan mengunduhnya dari sini (3-an MB).
Stoichiometry Add-ins-nya silahkan unduh dari sini (1 MB).
Kesimpulan saya terkait add-ins masih kurang praktis, tetapi tetap memiliki keunggulan tersendiri dalam hal lain. Add-ins ini tidak sekedar untuk kepraktisan mengetik rumus-rumus senyawa saja. Ada mode pencarian, penghitungan data berat molekul, serta prosentase unsur dalam senyawa, pelarutan (pembuatan larutan), penyeleseaian persamaan reaksi kimia sederhana, penyingkatan rumus dengan menggunakan istilah yang bisa kita buat sendiri.

Selamat mencoba.
Ok.

No comments:

Post a Comment