'/>

Rabu, 02 Maret 2011

Mengembangkan Simulasi Matematika untuk Kimia dengan Excel

Ini kedengaran mungkin tidak lazim, karena selama ini aplikasi spreadsheet hanya digunakan untuk kalkulasi data atau mengelolah data saja. Lalu bagaimana bisa kita memanfaatkan aplikasi spreadsheet ini untuk mengajar kimia atau ilmu sejenis?
Sepertinya kelemahan siswa (mungkin juga gurunya seperti saya) adalah membaca atau memahami suatu garfik atau tabel. Kadang penjelasan yang diberikan terkait dengan grafik ini memerlukan ketelatenan. Tapi dengan model simulasi yang telah dirancang menggunakan Excel atau sejenisnya ternyata dapat dimanfaatkan. Seperti yang telah di lakukan oleh Mr. Scott A. Sinex yang telah mempublikasikan hasil karyanya di sini.
Kita atau siapa saja diijinkan untuk mengembangkan apa yang telah ia buat, bahkan kita yang akan mengembangkannya diberikan panduannya. Tentu secara etika kita mesti menghargai karya beliau. Setidaknya menyantumkan bagaimana itu sampai kita buat.
Bagaimana cara mengembangkan alternatif pembelajaran sain menggunakan excel ini kita bisa menyusuri web tuan Sinnex tadi. Beberapa di antaranya akan saya tuliskan di sini seperti yang ia sarankan.
Ini adalah langkah awal buat kita yang ingin untuk “sedikit” menambah wawasan agar sedikit berubah, mengubah keadaan yang tadinya tidak mengerti menjadi lebih tidak mengerti :) .
Yuk belajar terus, buatlah diri kita beda dengan yang lain dengan spesifikasi tersendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar