'/>

Wednesday, April 27, 2011

Tips Mengkopi Artikel (Tulisan) di Web yang Tidak Bisa Dikopi

Hehehe, iseng saja nih. Kadang kita menjumpai artikel yang bagus yang menurut kita perlu untuk disimpan agar kita punya arsip. Kelak kalau memerlukannya kita sudah tinggal buka saja, atau mau berbagi dengan yang lain. Namun sayangnya kita tidak bisa menyimpan halaman web tersebut, bahkan mengkopi sebagiannya saja kita juga gak bisa lakukan. Waduh… rupaya web seperti itu menganut azas boleh dilihat tak boleh di sentuh, eh gak boleh diambil.
Kalau saya biasanya gak mau repot, di printscreen aja. tapi sayangnya jadi gak portable, apalagi kalau sekedar tulisannya saja yang kita perlukan.  Alternatif lain adalah mendownloadnya dengan menggunakan aplikasi semacam internet download manager (IDM) tapi tetep saja gak praktis, apalagi yang kita perlukan hanya tulisan artikelnya doang. Terus?
Yah baca aja terus :)
Saya contohkan situs http://www.anneahira.com, menurut kemampuan mesin jelajah saya ternyata memang situs tersebut tidak bisa dikopi atau sekedar di save as juga tidak bisa. Ini pengalaman saya ketika akan mengambil beberapa artikel tidak bisa. Akhirnya saya coba langkah sederhana, kemudian saya kopi (dengan Ctrl +C) maka saya berhasil menyalinnya.
Caranya:
  1. Buka artikel yang hendak kita salin.
  2. Setelah terbuka (saya menggunakan browser Mozila Firefox nih) klik menu View, klik Page Style, pilih No Style.
  3. Seleksi (Blok) artikel yang akan kita kopi, kemudian Ctrl + C.
  4. Buka pengolah kata atau sejenisnya untuk menempelkan kopian tadi dengan Ctrl + V.
  5. Selesai.
Demikian.
Wassalam

No comments:

Post a Comment