'/>

Kamis, 26 Mei 2011

GURAGU (Guru Era Baru)

Kehidupan seorang guru tidaklah stagnan pada suatu masa saja. Ia akan terus mengikuti alur jaman. Tidak mengikuti alur jaman dipastikan bukanlah jiwa seorang guru. Ketika era berubah, maka sudah dipastikan guru terpaksa, suka tidak suka, rela tidak rela harus mengikuti irama jaman, mengikuti perubahan era itu. Saat ini adalah eranya digital. Hampir semua lini dunianya guru dapat dilakukan dengan menggunakan digital. Dengan berbagai kemudahan dan “sedikit” keterbatasannya teknologi digital merangsek masuk lebih dalam dalam dunia pendidikan, di mana pun di seluruh negeri. Tak perduli guru di perkotaan atau guru pelosok, kota besar atau kecil, tanpa kecuali. Bahkan di tengah hutanpun asal terdapat jaringan layanan data semua bisa memanfaatkannya.

Hubungan dua arah pun akhirnya tidak terlalu sulit dilakukan meskipun dibatasi jarak, ruang, dan waktu. Semua itu karena kita sudah masuk dalam era digital, era baru dengan segala euforianya. Ilmu tidak lagi hanya bisa diperoleh hanya via bangku sekolah atau buku-buku kertas. Dengan era digital, era internet semua mengubah budaya konvensional menjadi sesuatu yang sangat berbeda. Banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam mendukung proses pembelajarannya di kelas, menambah wawasan, membuat jaringan antar komunitas sesama guru. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah, cukup bermodal bisa baca tulis dan tersedia koneksi data yang memadai.

Kita, semua guru Indonesia pasti bisa untuk menjadi guraru, yang penting punya niat kuat, mau memulai dan turut serta secara aktif dalam aktivitas di era baru. Untuk bisa bergaul di era baru, pihak Acer Indonesia telah berinisiatif membuat buku panduan bagi para guru dalam memanfaatkan internet. Buku ini dipersembahkan Acer Indonesia bagi GURARU – Guru Era Baru!  Sebuah buku kecil, hanya 36 halaman namun syarat manfaat buat guru.


Buku yang disusun dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti untuk memberikan arahan bagi kita, guru era baru, Guraru. Terdapat 7 bab. Dimulai dari panduan ngeblog, bergaul menggunakan media sosial, penggunaan media sosial untuk kegiatan pendidikan, melakukan komunikasi dengan murid, dan stakeholder pendidikan, sedikit tentang kilasan perjalan internet, sampai pada inisiatif mulia pihak Acer Group Indonesia untuk membuat ajang Guraru Award guna meningkatkan IT-literacy atau melek IT di kalangan guru Indonesia.

Suatu buku yang bagus buat kita guru Indonesia untuk bisa mengoptimalkan internet untuk pembelajaran siswa kita. Terimakasih Acer Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar