'/>

Friday, July 29, 2011

Study Pustaka tentang "Kimia Hijau" (Green Chemistry)

Para penggiat kimia hijau (green chemistry), ada baiknya melakukan studi pustaka dari beberapa jurnal ilmiah internasional berikut ini untuk mengikuti perkembangan kecenderungan penelitian dan “state-of-the-art” terkini:

1.  Green Chemistry, sebuah publikasi terkemuka papan atas dari Royal Society of Chemistry dengan impact factor diatas 4.  Menyediakan informasi penelitian yang paling mutakhir dan memiliki nilai keaslian tinggi.
2. ChemSusChem,  Jurnal anyar dari Wiley InterScience yang diperuntukkan tidak saja bagi isu-isu kimia hijau, tapi juga tentang kesinambungan (sustainability).  Memiliki peluang menjadi salah satu jurnal terkemuka karena tidak saja membahas soal aspek kimia melainkan juga persoalan ketehnikan kimia.
3.  Green Chemistry Letters and Reviews, Jurnal terbaru terbitan Taylor & Francis Group.  Walaupun masih sangat baru, tapi banyak menampilkan tema-tema kimia hijau yang cukup relevan untuk persoalan kekinian.
4.  Energy & Environmental Science, Jurnal terbaru terbitan Royal Society of Chemistry yang memiliki peluang bakal populer. Mencakup perkembangan terkini dalam bidang energy terbarukan dan dampak lingkungan dalam lingkup bahasan kimia hijau.  Memiliki variasi dalam isi penulisan meliputi artikel ilmiah, persepktif baru, review maupun analisis sebuah kasus.
Disamping itu ada beberapa pustaka yang menampung laporan ilmiah dibidang multidisipliner dalam lingkup hijau dan berkesinambungan (green and sustainable).
1. Biofuels, Bioproducts and Biorefinering, dimiliki oleh Wiley Interscience sebagai jurnal yang memiliki kekhususan topik dibidang material biologis untuk sumber energi dan aneka produk kimia.  Bagi penggiat biofuels, mungkin inilah jurnal yang cocok untuk memulai sebuah studi pustaka.
2. Environmental Progress and Sustainable Energy, sebuah jurnal dari Wiley Interscience yang merekam penelitian tentang tema-tema lingkungan dan energi berkesinambungan termasuk proses kimia hijau.
3.  Engineering in Life Science, diterbitkan oleh Wiley Interscience yang memuat penelitian tentang aneka topik berkaitan dengan lingkungan, bioteknik dan termasuk didalamnya proses hijau dan berkesinambungan.
4.  International Journal of Sustainable Energy, diterbitkan oleh Taylor & Francis Group dengan lingkup kajian tentang energi bersih dan berkesinambungan.
5.  International Journal of Green Energy, dimiliki oleh Taylor & Francis Group, agak serupa dengan International Journal of Sustainable Energy dan saling melengkapi.
6.  Clean Technologies and Environmental Policy, merupakan jurnal koleksi SpringerLink yang memuat laporan ilmiah tentang teknologi bersih dan kebijakan-kebijakan terkait isu lingkungan hidup.
7. Environmental Chemistry Letters, walaupun memiliki ciri khas sebagai publikasi ilmiah tentang kimia dan lingkungan, tapi jurnal terbitan SringerLink ini menerima dan memuat laporan ilmiah dengan tema kimia hijau maupun teknologi bersih.
8. Journal of Material Cycles and Waste Management, sesuai dengan judul jurnalnya, topik yang dibahas adalah tentang daur ulang material dan sampah.  Jurnal koleksi SpringerLink ini juga banyak memuat laporan ilmiah tentang proses daur ulang sampah melalui proses kimia sehingga layak menjadi bahan acuan dalam rangka kimia hijau.
9. BioEnergy Reserach, BIOMASS, topik yang sangat panas dewasa ini.  SpringerLink menyediakan tempat yang layak untuk para penggiat kimia hijau menyampaikan perkembangan di bidang biomass dalam jurnal terbarunya ini.
10. Biomass and Bioenergy, Biomass dan biomass demi penciptaan energi terbarukan.  Elsevier telah lama menyediakan tempat bagi karya-karya ilmiah dibidang tersebut meliputi topik-topik aplikasi dan fundamental biomass yang sangat luas.

No comments:

Post a Comment