'/>

Sabtu, 25 Juni 2011

Arti Lambang PGRI

GRI, tentu bukan Partai Guru, seperti yang dikatakan pak Sastro. bukan juga Persatuan Guru Rajin, seperti yang dikatakan Tuan Guru dari Tamiang Layang. Sebenarnya saya ini bingung, apa sih arti lambang PGRI kok seperti itu, lalu coba-coba sowan ke mbah google, ee ketemu situsnya PB PGRI. www.pgri.or.id. Di sana ada penjelasan arti lambang PGRI, yo tak kopas saja biar ingat dan siapa tahu ada juga guru yang tidak tahu arti lambang organisasi profesinya.



Bentuk:
Cakra/Lingkaran melambangkan cita-cita luhur dan daya upaya menunaikan pengabdian terus-menerus.

Ukuran, corak, dan warna:
bidang bagian pinggir Lingkaran berwarna merah melambangkan pengabdian yang dilandasi kemurnian dan kebernian bagi kepentingan rakyar. Warna putih dengan tulisan “Persatuan Guru Republik Indonesia” melambangkanpengabdian yang dilandasi kesucian dan kasih sayang. Panduan warna pinggir merah-putih melambangkan pengabdian kepada negara, bangsa dan tanah air Indonesia.

Suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar berwarna kuning melambangkan fungsi guru (pada pendidikan pra-sekolah, dasar, menengah dan perguruan tinggi) dengan hakikat tugas pengabdian guru sebagai pendidik yang besar dan luhur.

Nyala Api dengan 5 sinar warna merah
melambangkan arti ideologo Pancasila dan arti teknis yakni sasaran budi pekerti, cipta, rasa, karsa dan karya generasi.

Empat buku mengapit suluh
dengan posisi 2 datar dan 2 tegak (simetris) dengan warna corak putih melambangkan sumber ilmu yang menyangkut nilai-nilai moral, pengetahuan, keterampilan dan ahlak bagi tingkatan lembaga-lembaga pendidikan pra-sekolah, dasar, menengah dan tingi.

Warna dasar tengah hijau,
melambangkan kemakmuran generasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar